Logo Youtube dengan Wayang dan Tugu Monas



Sayangnya, logo ini hanya digunakan sementara selama launching. Selepas itu akan digunakan logo Youtube pada umumnya.

Selama sepuluh abad, wayang jadi ekspresi budaya Indonesia. Pentas boneka ini menyebar dari lingkungan kerajaan dan masyarakat Jawa-Bali hingga ke Lombok, Sumatra, dan Kalimantan.

Di lingkungan yang berbeda, wayang berubah varian sesuai dengan budaya sekitar yang diserapnya. Kuatnya akar wayang di Indonesia, membuat Badan PBB untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO) menobatkannya sebagai warisan budaya dunia di tahun 2003.

Lain lagi dengan Tugu Monumen Nasional atau akrab disebut Monas. Bangunan simbol utama Jakarta ini diarsiteki Soedarsono dan Frederich Silaban dengan bantuan konsultan dari Ir.Rooseno. Dengan tinggi keseluruhan 132 meter dan dilapisi emas seberat 35 kilogram, Monas mulai dibangun Agustus 1959. Namun, baru dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975 di atas areal seluas 80 hektar.

Warga asing yang datang ke Indonesia kurang lengkap rasanya jika tidak melihat langsung kedua wujud khas ini. Alasan tersebut cukup untuk menjadikan keduanya icon perwakilan Indonesia di logo situs komunitas video sharing online, Youtube.

Tepat pada 14 Juni 2012, Youtube, bekerjasama dengan Google, meluncurkan versi Indonesia. Dibanding Youtube pada umumnya, Youtube Indonesia dijanjikan berisi konten dan berbahasa Indonesia. Pengguna dengan URL Indonesia akan langsung diarahkan ke platform Youtube Indonesia. Atau bisa langsung mengakses lewat situs www.youtube.co.id.

"Kami coba menerapkan landmark dengan memilih simbol-simbol yang begitu dilihat secara visual bisa langsung diidentifikasi sebagai Indonesia," ujar Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia dalam launching Youtube Indonesia di Jakarta.

"Dan ternyata memang desain yang paling dikenali sebagai Indonesia adalah batik. Wayang itu berdasar batik, jadi warga luar negeri tahu kalau wayang ini dari Indonesia."

Banyaknya kebudayaan dari Tanah Air, sempat menyulitkan pemilihan logo ini. Namun, tambah Rudy, sudah dilakukan lebih dulu beberapa percobaan yang sesuai dengan warna dasar Youtube: hitam, putih, dan merah. Logo wayang dan Monas menjadi yang paling tepat.

Sayangnya, logo ini hanya digunakan sementara selama launching. Selepas itu akan digunakan logo Youtube pada umumnya. Tapi, selama logo ini masih digandrungi, maka wayang dan Monas akan tetap ditempatkan bersama Youtube.

Menurut Director of Product Management Youtube Asia Pasific Adam Smith, edisi khusus Indonesia ini bisa jadi ajang bagi para komunitas untuk menunjukkan kreativitasnya. Masyarakat di Tanah Air juga bisa terlibat dalam momen sejarah hanya dengan tangkapan video di telepon genggamnnya untuk kemudian dilihat sesama warga Indonesia.

"Contohnya saat gempa dan tsunami terjadi di Sumatra, orang di seluruh dunia bisa tahu apa rasa dan bagaimana saat gempa itu terjadi," kata Smith yang juga berharap seluruh lapisan masyarakat Indonesi dapat berbagi cerita di Youtube versi lokal ini.

Youtube didirikan pertama kali dengan format satu bahasa dari satu negara di tahun 2005. Hingga tujuh tahun perkembangannya, Youtube berhasil mencapai satu triliun views dan 72 jam video yang diunggah tiap menitnya. Yang menarik 70 persen dari lalu lintas data Youtube berasal dari luar AS. Ini membuat mereka mengembangkan versi lokal di 46 negara dengan 61 bahasa.(nationalgeographic)

Comments

Popular posts from this blog

Syukur Ku 2013