Teknologi Hybrid Berperan Besar Turunkan Polusi Udara



Polusi udara bukan lagi bentuk pencemaran lingkungan. Tapi sudah berubah sosok menjadi pembunuh menakutkan bagi warga dunia. Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut lebih dari dua juta orang meninggal karena menghirup udara dengan partikel kecil, baik di dalam atau luar ruangan.

Produsen otomotif mencoba mengatasi masalah polusi dengan menghasilkan produk ramah lingkungan dalam wujud teknologi hybrid.

PM10 atau partikel berukuran 10 mikrometer atau kurang, bisa memasuki paru-paru manusia dan masuk ke aliran darah. Inilah yang jadi penyebab penyakit jantung, kanker paru-paru, asma, dan infeksi pernafasan akut.

Standar udara sehat rata-rata per tahun versi WHO adalah 20 mikrogram PM10 per meter kubik. Namun, data terakhir di tahun 2008 dari 1.100 kota di 91 negara memperlihatkan betapa standar ini sangat jauh dilewati.

Indonesia tercatat memiliki rata-rata 55 mikrogram per meter kubik PM10. Memang masih jauh di bawah India (109) dan Kuwait (123), namun kondisi ini sudah sangat membahayakan kesehatan penghuninya.

Khusus untuk Jakarta, rumah bagi sembilan juta penduduk, dianggap sebagai kota ketiga penyumbang polusi udara terbanyak setelah Meksiko dan Bangkok. Lebih dari setengah polusi disumbang sektor transportasi.

Produsen otomotif mencoba mengatasi masalah ini dengan menghasilkan produk ramah lingkungan dalam wujud teknologi hybrid. Salah satunya Lexus dengan varian CT 200 h. Sistem hybrid Lexus hadir dalam empat mode; EV, Eco, Normal, dan Sport.

Model EV memungkinkan pengendara menggunakan tenaga listrik sejauh 1,6 kilometer dengan kecepatan di bawah 40 kilometer per jam di permukaan rata. Ini menghemat konsumsi bahan bakar yang merupakan unsur utama polusi udara Jakarta.

"Gerakan lokal, kebijakan nasional, dan perjanjian internasional, adalah gabungan yang dibutuhkan untuk mengurangi polusi dan mengurangi dampak kesehatan yang menyebar," kata Kepala WHO European Centre for Environment and Health di Bonn, Jerman.

Varian CT 200 h merupakan bagian dari sembilan varian dari lima tipe yang dikeluarkan Lexus di Indonesia. Selain varian ini, dimunculkan LS 600 hL, LS 460 L, LX 570, RX 270, RX 350, GS 450 h, GS 350, GS 250, dan IS-F.

"Ke depanya Lexus Indonesia berkomitmen untuk terus menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi dan pengalaman kemewahan yang sangat personal bagi setiap pelanggan kami. Komitmen kami, pursuit of perfection is unlimited for creating amazing," kata Lexus Indonesia Principal Johnny Darmawan.(nationalgeographic)

Comments

Popular posts from this blog

Syukur Ku 2013